Followers

Thursday 30 May 2013

25 comments:

  1. Assalamuallaikum
    Pak,
    Bagaimana langkah-langkah pembuatan Em4
    Terima kasih pak.
    Wassalam

    ReplyDelete
  2. wass.. kumpulkan bahan2...buah nenas plus kulitnya 1/2 kg, buah pisang plus kulitnya 1/2 kg, kacang panjang 1/4 kg, kangkung air 1/4 kg, batang pisang muda 1.5 kg, gula 1 kg, 1/2 liter nira atau air kelapa... haluskan lalu aduk merata... letakkan dalam ember besih muatan 10 kg tutup rapat sekitar 7 hari...

    Hari ke delapan dan seterusnya... dipanen airnya... cairan yang dihasilkan adalah em-4 yang banyak gunanya itu... sebagai pupuk cair, penghilang bau, mengurangi pencemaran di kolam dan meningkatkan produktivitas ikan dan ternak.... selamat mencoba

    ReplyDelete
  3. terimalasih atas bimbingannya dlam membuat blok dan pembuatan em - 4 nya.semoga kita semua dapat mengambil manfaat dari materi yg telah bapak sampaikan.wasalam

    ReplyDelete
  4. Assalamuallaikum,,,,Pak, Prof,,,
    Saya JUMIATI Mahasiswa Map STISIPOL ANGGKATAN 20 npm :0513 20 128 Reguler Kamis/Jumat
    Mohon Petujuk dan arahan selanjunya , Trimakasi Wss..

    ReplyDelete
  5. Assalamuallaikum,,,,Pak, Prof,,,
    Saya Napolion Danar Parte Mahasiswa Map STISIPOL ANGGKATAN XX Reguler Kamis/Jumat
    Mohon Petujuk dan arahan selanjunya , Trimakasi Wss..

    ReplyDelete
  6. Assalamuallaikum,,,,Pak, Prof,,,
    Saya ELITA SARI Mahasiswa Map STISIPOL ANGGKATAN 20 npm : 051320057
    Reguler Kamis/Jumat
    Mohon Petujuk dan arahan selanjunya , Trimakasi Wss..

    ReplyDelete
  7. assalamualaikum...Prof... saya mau bertanya. apakah harus delapan hari agat EM-4 hasilnya sempurna?
    terimakasih...

    SUHARNO (kelas C Non-reguler)

    ReplyDelete
  8. Assalamualaikum..
    Pak, berdasarkan petunjuk EM4 harus didiamkan selama 7 hari dan baru bisa dipanen airnya pada hari ke 8 dan seterusnya.. Sedangkan saya baru buat hari ini (21 September 2014, setelah pertemuan ke 2 yang membahas tentang EM4) dan harus dikumpulkan Sabtu nanti (27 September 2014).. Kira-kira berhasil atau tidak pak? Terima kasih

    ReplyDelete
  9. insyaallah bawa aja kali yundo krn sudah permentasi hampir seminggu sdh cukup insyaallah

    ReplyDelete
  10. Assalammualaikum Prof..saya Sukmawati MAP STisipol angkt.23 Reguler C NPM.051423007 KAMIS/JUM'AT....
    mohon petunjuk masalah EM4..trimaksih

    ReplyDelete
  11. Ass, saya Eni Haryani mahasiswi MAP STisipol angkt 23 Reguler C NPM.051423033. Hari ini saya sudah membuat EM4 doakan ya pak semoga berhasil. Terima kasih atas bimbingannya.

    ReplyDelete
  12. Ass, Maaf menggangu aktifitas bapak, saya mahasiswa MAP Stisipol Angkatan 2013 mengirim tugas M 4 atas nama :

    Nama : Tuti Herlina NPM : 051423038
    Tugas : tutiherlina3.blogspot.com

    Nama : Nur'aina NMP : 051423034
    Tugas : nuraina23.blogspot.com

    Nama : Hj. Nita Rispa RO NPM : 051423042
    Tugas : hjnitarispa1962.blogspot.com

    Atas perhatian bapak saya ucapkan terimakasih.

    ReplyDelete
  13. Ass, Maaf menggangu aktifitas bapak, saya mahasiswa MAP Stisipol Angkatan 2013 mengirim tugas M 4 atas nama :

    Nama : Sunardi NPM : 051423096
    Tugas : http://sunardi1962.blogspot.com/

    Nama : M. Hidayat NMP : 0511423101
    Tugas : http://mhidayat26.blogspot.com/

    Nama : Nurul NPM : 051321117
    Tugas : http://noerolwaty.blogspot.com/

    Nama : Yulita NPM : 051423078
    Tugas : http://yulita224.blogspot.com/

    Atas perhatian bapak saya ucapkan terimakasih.

    ReplyDelete
  14. Asalamualaikum wr wb, saya mahasiswa MAP Candradimuka angkatan XXIII kelas Reguler B, NPM 051423041. Hari jumat tgl 26 Sept 2014. kami sudah membuat tugas em 4 dan sudah melalui proses menyediaan alat dan bahan, pencucian, penghalusan, lalu disimpan di dalam ember tertutup, sekarang kami sedang menunggu hasil dari permentasi tersebut. Terimakasih atas bimbingan bapak dan doakan semoga em 4 kami berhasil sesuai dengan harapan.

    ReplyDelete
  15. Slamat sore Pak, saya Dermawan Sihombing mahasiswa MAP angkatan XXIII kls reguler B NPM 051423044 , tugas membuat em 4 sudah kami buat hari jumat tgl 26 sept. 2014 selesai proses jam 14.30, kapan proses penyaringan dapat dilakukan? Mohon bimbingan Bapak. Terimakasih

    ReplyDelete
  16. Assalamualaikum Wr. Wb. saya Heri Yulian NPM 051423043 mahasiswa MAP angkatan XXIII kelas reguler B, tugas membuat EM4 sedang dalam proses, sudah dilakukan dari persiapan Bahan-bahan dan alat-alat, kemudian bahan-bahan dicuci setelah itu bahan-bahan dipotong kecil-kecil untuk dihaluskan didalam blender, bahan yang sudah dihaluskan dalam blender dimasukan kedalam ember yang sudah disediakan. Sekarang tinggal menunggu proses permentasi selesai. laporan lengkap akan saya laporkan setelah proses permentasi selesai. Proses pembuatan EM4 ini sudah saya lakukan sejak tanggal 26 September 2014. Terima kasih atas bimbingan bapak.

    ReplyDelete
  17. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  18. alhamdulillh bertambah ilmu yang berharga terimakasih Pak
    dari siti fatimah 051423010 MAP Candradimuka kls C Reguler B .Gmail;sitifatimah23168@gmail.com.

    ReplyDelete
  19. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  20. Assalamualaikum Wr. Wb Saya Heri Yulian NPM 051423043 Mahasiswa MAP Candradimuka, saya melaporkan bahwa Proses pembuatan EM4 telah selesai dilakukan dan laporan lengkap saya tuliskan diblog saya. Terima kasih atas bimbingan Bapak

    ReplyDelete
  21. Assalamulaikum WR WB. Saya Mahasiswa MAP Candradimuka :
    Nama : Nyimas Arlaini
    NPM : 051423064
    telah menyelesaikan prses pembuatan EM4, sebagai laporan lengkap saya tulis diblog saya. Terima kasih atas bimbingan bapak.

    ReplyDelete
  22. Assalamualaikum Wr. Wb. Saya NETTI ROSALINA NPM 051423041 Mahasiswa MAP Candradimuka, telah meneyelesaikan proses pembuatan EM4 dan laporan lengkap ditulis diblog saya nettirosalina.blogspot.com. terima kasih atas bimbingan Bapak.

    ReplyDelete
  23. Assalamualaikum Saya mahasiswa MAP Candradimuka :
    ETI JUNITA KELAS REGULER B ANGKATAN XXIII, saya telah menyelesaikan proses pembuatan EM4 dan laporan proses pembuatan saya buat diblog saya ETIJUNIA.BLOGSPOT.COM, Terima kasih atas bimbingan bapak

    ReplyDelete
  24. Selamat Pagi Pak, Saya Riris Tota Silaban Mahasiswa MAP Candradimuka, melaporkan bahwa saya telah menyelesaikan proses pembuatan EM4 dan telah saya tulis lengkap diblogspot saya ririssilaban.blogspot.com terima kasih atas bimbingannya

    ReplyDelete
  25. Ass, Saya mahasiswa MAP Candradimuka kelas reguler B angk 23, Alhamdulillah pak, saya sudah menulis laporan proses pembuatan EM4 diblog saya. Nama saya : ENI HARYANI, NPM 051423033, Blog Saya : eni71smkn3.blogspot.com. Terima kasih Bapak Supli Rahim.

    ReplyDelete